Sharing - Trik & Tips - Kepemimpinan - Ekstrakulikuler

PPC Iklan Blogger Indonesia

Kamis, 26 Mei 2016

CARA MEMBERIKAN INTRUKSI (CMI)

A.    PENGERTIAN

Belajar adalah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan berdasarkan hasil interaksi dengan lingkungannya

Mengajar adalah suatu proses bgaimana pelatih menyampaikan pelajaran kepada peserta didik agar materi yang diajarkan dapat diterima dengan baik sesuai dengan yang diaharapkan

CMI adalah suatu cara yang dilakukan pelatih untuk menyampaikan pelajaran / perintah kepada peserta didik agar dapat diterima dan dimengerti oleh peserta didik dan tercapai efektif & efisien

B.     PEDOMAN DASAR CMI
1.      Memakai bahasa yang sederhana
-          Mudah diterima dan dimengerti
-          Kata yang sukar ditulis terlebih dahulu lalu dijelaskan

2.      Menggunakan panca indra
-          Untuk pelajaran teori: mendengar, melihat, dan berfikir
-          Untuk pelajaran praktek: mendengar, melihat, dan berbuat

3.      Menyruh peserta didik utnuk berfikir & berbuat
-          Membangkitkan perhatian
-          Mudah diingat
-          Memberi aktivitas
-          Percaya pada diri sendiri

4.      Memeriksa langkah demi langkah
-          Untuk pelajaran teori
a.       Dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan ditengah pelajaran jika sebagian telah diuraikan
b.      Memberikan kesempatan bertanya
c.       Adakan tes tanpa diberitahukan sebelumnya
-          Untuk pelajaran ketangkasan
a.       Meyuruh peserta didik menirukan
b.      Menyuruh peserta didik mempraktekkan



C.    METODE PENYAJIAN PELAJARAN
1.      Pelajaran Teori
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Diskusi
d.      Pemberian tugas & resitasi
e.       Pemecahan masalah / study kasus
f.       Manusia sebagai sumber
g.      Studi kepustakaan
h.      Audio visual

2.      Pelajaran ketangkasan
a.       Demonrasi
b.      Aplikasi
c.       Sosio drama
d.      Kerja kelompok
e.       Karya wisata
f.       Pemberian tugas
g.      Survey social
h.      Pengabdian  masyarakat
i.        Team teaching
j.        Simulasi
k.      Drill
l.        Gelada peta
m.    Gelada model
n.      Gela medan
o.      Geladi posko
p.      Eksperimen
q.      Penemuan

D.    PEDOMAN DALAM MENENTUKAN METODE PENGAJARAN
-          Tujuan instruktusional yang ingin dicapai
-          Kedalaman materi & jumlah waktu yang tersedia
-          Mutu peserta didik yang terbagi dalam tingkat kemampuan
-          Situasi yang terbagi berdasarkan keadaan
-          Kuantitas & kualitas fasilitas pendidikan yang tersedia
-          Jumlah & kemampuan penyelenggara pendidikan yang tersedia
E.     PERSIAPAN MENGAJAR
1.      Metode pada pelajaran teori
a.       Pendahuluan / permulaan
Ø  Perkenalan
Ø  Appersepsi
Ø  Judul
Ø  Tujuan
Ø  Ruang lingkup
Ø  Referensi
b.      Inti
Ø  Langkah 1
-          Pokok bahasan
-          Sub pokok bahasan
-          Teknik
-          Penjelasan
-          Kesempatan bertanya
-          Pemeriksaan
Ø  Langkah 2 sama seperti langkah 1
c.       Akhir / penutup
Ø  Kesempatan tanya
Ø  Pemeriksaan
Ø  Ringkasan / rangkuman

Ø  penekanan

2.      Metode pada pelajaran ketrampilan / praktek
a.       Pendahuluan
Ø  Tindakan keamanan
Ø  Perkenalan
Ø  Appersepsi
Ø  Judul
Ø  Tujuan
Ø  Ruang lingkup
Ø  Referensi
Ø  Demo keseluruhan materi
b.      Inti
Ø  Pokok bahasan
Ø  Sub pokok bahasan
Ø  Teknik
Ø  Demo langkah
Ø  Penjelasan
Ø  Mencoba
Ø  Kesempatan Tanya
Ø  Pemeriksaan
c.       Akhir / penutup
Ø  Kesempatan Tanya
Ø  Pemeriksaan dengan meyuruh berbuat
Ø  Ringkasan
Ø  Penekanan
Ø  Demo keseluruhan materi
Ø  Tindakan keamanan

Referensi:
       NASDEP ttg CMI untuk SUSBATIH No 11-07-C0232 skep Danrindam Jaya No Kep /15/VI/2010 tgl 07 Juni 2010 dalam Penataran Provoost Resimen Mahasiswa Mahadipa Jawa Tengah Tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar