Sharing - Trik & Tips - Kepemimpinan - Ekstrakulikuler

PPC Iklan Blogger Indonesia

Rabu, 08 Juni 2016

TIPS DALAM CMI (CARA MEMBERIKAN INSTRUKSI)

            CMI atau Cara Memberikan Instruksi merupakan bekal pokok yang harus dimiliki setiap instruktur atau pelatih. CMI adalah cara berbicara seorang pelatih / kemampuan berbicara seorang pelatih dalam menyampaikan materi ataupun dalam pengendalian pasukan.

            Sebagai seorang pelatih / instruktur harus mempunyai kecakapan berbicara, dalam hal ini tidak bisa disamakan kemampuan berbicara satu pelatih dengan pelatih yang lain, akan tetapi ada beberapa tips agar seorang pelatih / instruktur mampu berbicara dan menyampaikan materi didepan pasukan.


1. Percaya Diri
    Sebagai seorang pelatih harus percaya diri, jangan takut salah, jangan takut ditertawakan, santai &     tenang, ketika berdiri didepan pasukan. Tanamkan pada diri dan otak kita bahwa Saya adalah             Pelatih

2. Buat rencana latihan
    Sebagai seorang pelatih sebuah rencana itu menjadi hal yang penting. Karena dari rencana itulah         apa yang akan kita sampaikan kepada peserta. Saya pribadi yakin bahwa rencana yang baik akan         menghasilkan yang baik pula.
    Rencana latihan latihan dibuat sebagai bahan dasar dalam pelaksanaan kegiatan / pemberian               materi. misalnya pelatih akan memberikan pelatihan bela diri, seorang pelatih harus membuat             rencana latihan dua tahap yaitu teori dan praktek. Didalam rencana latihan terdapat juga maksud         dan tujuan, fungsi, dan target pemberian materi tersebut.

3. Evaluasi
    Sampaikan selalu evaluasi kepada peserta / siswa setelah pelaksanaan kegiatan / pemberian materi.     Koreksi menurut saya intinya bukan hanya mengevaluasi kekurangan akan tetapi diberikan juga         penghargaan / pujian atas terlaksananya kegiatan tersebut. jangan lupa untuk selalu memberikan         support dan motivasi agar selalu semangat dalam berkegiatan.


Catatan:
CMI sering digunakan ketika pelatih memberikan materi. Dalam pemberian materi tidak selalu harus menerangkan tapi ada kalanya siswa / peserta diberi kesempatan untuk bertanya ataupun praktek. Manfaatkan pula yel - yel / lagu - lagu untuk mencairkan dan menghidupkan suasana kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar